Wednesday, October 21, 2009

Perlu ga sih cek kesehatan

Medical checkup (MCU) sangat penting mendeteksi kesehatan tubuh secara dini. Dengan MCU, Anda akan mengetahuinya sebelum penyakit itu makin parah, sehingga dapat segera diambil tindakan mengobatinya. Semakin dini mengetahui adanya penyakit, makin mudah mengobatinya.

MCU tidak hanya diperlukan oleh orang tua atau mereka yang lebih beresiko terserang penyakit. Karena penyakit itu tidak pandang mengancam semua tingkatan orang, tua dan muda. Berpenyakit biayanya mahal jika semakin parah.

MCU bagi calon karyawan bertujuan untuk menilai kesehatan fisik dan mentalnya berkaitan dengan posisi yang akan ditempatinya. Dengan tingkat kesehatan yang oke, calon karyawan akan dapat melaksanakan tugas-tugasnya sehingga meningkatkan kinerja dan produktivitas perusahaan.

Jika Anda hendak melamar pekerjaan, tentu Anda harus memiliki tingkat kesehatan yang prima. Terutama pengecekan yang bertalian dengan penyakit keturunan, jika anda bergaya hidup yang salah.
Mendeteksi Penyakit Degeneratif

Dengan bertambahnya usia, terutama di atas 40 tahun, umumnya lebih rentan terhadap penyakit degeneratif (keturunan) dan penyakit yang berhubungan dengan gangguan metabolisme seperti kencing manis (diabetes mellitus/DM), tekanan darah tinggi (hipertensi), dan kolesterol tinggi.

Semua itu beresiko lanjut menjadi penyakit jantung dan pembuluh darah, seperti jantung koroner dan stroke.
MCU penting untuk mendeteksi penyakit degeneratif, kardiovaskuler dan penyakit keganasan. Bagi mereka yang telah terlanjur mengidap penyakit kronis, MCU berperan untuk memantau dan mengendalikan perkembangan penyakitnya.

Contoh, pengidap hipertensi dan DM, MCU penting untuk mencegah komplikasi : Jantung dan ginjal. Sedangkan pada penderita tumor / kanker, MCU berguna untuk mendeteksi perkembangan sel kanker, sehingga pengobatannya bisa mencapai derajat kesembuhan yang lebih tinggi.

Anjurannya MCU dilakukan rutin setahun sekali, meliputi pemeriksaan fisik secara umum, serta pemeriksaan yang membutuhkan dokter ahli, seperti jantung, mata,THT dan kandungan (perempuan).

Selain itu diperlukan pemeriksaan penunjang meliputi : Laboratonium, foto dada, EKG (rekam jantung), tes pembebanan jantung/ treadmill, USG abdomen, USG kandungan & prostat, tes fungsi paru dan tes pendengaran audiometri.

Dengan pemeriksaan lengkap yang dilakukan rutin setiap tahun segala persoalan kesehatan akan bisa teratasi dengan baik, Anda pun bisa mengatasi penyakit yang sudah menjangkiti tubuh secara dini sebelum parah.

Sesudah melakukan MCU, harus ditindaklanjuti sesuai hasil MCU itu. Bila terdeteksi adanya penyakit, Anda tentu harus berobat. Selanjutnya, Anda harus melakukan perbaikan gaya hidup sehat yaitu :

- Konsumsi makanan bergizi dalam porsi yang cukup. Perbanyak makanan berserat dan mengandung antioksidan tinggi.
- Minum air putih, idealnya 2 liter per hari.
- Olah raga rutin minimal 3 kali seminggu, masing-masing 30 menit.
- Tidur yang cukup, minimal 6 jam sehari.
- Pilih pakaian sehat, hindari tumbuhnya jamur dan kuman penyakit kulit.
- Hindari stres dan upayakan mencari hiburan.
- Meningkatkan ketaqwaan kepada Nya

Camkanlah bahwa karena melakukan MCU itu mahal apalagi berpenyakit, maka disarankan agar anda :
- Melakukan MCU sesuai kebutuhan atau rekomendasi dokter
- Mencari tahu tentang penyakit penyakit yang diderita oleh ortu atau kakek nenek anda.
Walau penyakit lain perlu dipelajari minimal gejala, pencegahan dan lebih lengkap mencari tahu makanan alami yang murah meriah untuk mencegah suatu penyakit.

Jadi apa salahnya anda mengetahui melalui web, literatur (buku/media massa), pengalaman yang berpenyakit atau berkonsultasi pada dokter). Bagi yang berpenyakit kronis, janganlah panik untuk menyembuhkan, namun cukuplah dengan mengendalikannya. FatchurR

0 comments:


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com and Ford Cars. Powered by Blogger